2016年10月2日日曜日

Belajar menyetir mobil di NATUNA Malang


 

Pada hari pertama aku latihan mengemudi secara umum aku sudah mengerti Bagaimana cara mengemudi yang baik, dari video video di YouTube, dan sempat juga mempraktekkannya dengan cara membayangkan. Pernah juga sekali waktu kakakku mengajari aku dengan mobil Katana miliknya, Tapi waktu itu aku belum benar-benar lancar. Meskipun bisa dikatakan bisa sedikit-sedikit. Kalau kata kakak hampir saja waktu itu kami masuk ke got besar :D jadi dia tidak melanjutkan mengajari aku, karena takut. Ada juga waktu latihan di dekat rumah di komplek, mungkin lebih mengerikan lagi karena jalannya kecil-kecil. Jadi katanya hampir menabrak mobil orang.

Dari situ aku belum belajar lagi sampai sekarang ini. Ternyata diajari oleh guru yang berpengalaman di tempat kursus mobil itu memang beda. Kalau sama Mas Iwan, instruktur yang mengajari aku itu, katanya dia sudah berpengalaman 5 tahun sebagai instruktur. Bisa dibayangkan Mas Iwan ini pasti sudah sangat profesional, untuk mengajari orang, mulai dari dasar-dasarnya. Kalau aku lihat memang dari pengalaman itu, mungkin ada sedikit rasa bosan untuk mengajari orang. Tapi apa yang diajarkannya memang sangat pas dan berguna karena alhasil aku tidak menabrak satu apapun pada saat mengendarai mobil Avanza itu. Aku mengendarai dengan dibantu oleh instruksi dari Mas Iwan tentang bagaimana cara menghandle sebuah mobil, mulai dari menginjak kopling pelan pelan, kemudian gas dan juga rem. Khusus untuk kopling dan gas Ternyata aku mungkin udah bisa merasakan dengan baik.

Setelah beberapa hari mengikuti kursus mengemudi NATUNA, dan setelah di ajak kemana-mana dengan mobil Avanza itu, yang penting tahu waktunya pakai gas, karena aku udah biasa pake motor di jalan. Yang paling penting dalam belajar mobil juga Bagaimana supaya kita bisa membuat mobil berjalan dengan baik bersama dengan semua kendaraan lainnya. Karena ukuran mobil yang nggak seperti motor, dalam arti besar dan panjang, perlu melihat banyak kanan kiri depan belakang untuk bisa membuat mobil ini berjalan dengan baik, tidak menabrak, tidak menyerempet, tidak mengganggu pengguna jalan yang lain.


Suasana kursus mengemudi NATUNA. 

Secara umum setelah 4 kali belajar mengemudi aku jadi mengerti banyak hal yang sebenarnya tidak bisa dijelaskan, karena itu adalah sebuah keterampilan. Biasanya bisa dilakukan tanpa bisa dijelaskan mungkin karena sebagian besar yang berperan adalah alam bawah sadar. Contohnya seperti reflek dan sebagainya. Pada waktu pertama menyetir pasti yang bekerja adalah otak sadar, karena itu otak harus menanamkan beberapa hal dulu ke dalam otak bawah sadar. Setelah banyak bisa baru itu muncul dari alam bawa sadar dengan refleks atau naluriah. Selama beberapa hari ini juga meskipun sudah punya mobil, tapi belum bisa pakai. Satu karena memang kursusnya belum selesai, karena aku sengaja ingin selesai dulu baru aku boleh menyetir mobil. Yang kedua adalah karena mobil ini belum punya STNK dan belum punya plat nomor, sehingga aku juga nggak bisa pakai ke manapun juga. Yang pasti aku harus belajar Gimana caranya merawat mobil ini. Carport rumah belum siap, belum menyiapkan lantai dan atap nya. Pasti Butuh Waktu paling cepat antara 2 sampai 3 bulan Itupun kalau aku bergerak sekarang untuk mencari tukang. Kemungkinan minggu ini aku mulai menanyakan ke tukang-tukang yang bersangkutan untuk membuatkan carport.

Well, selama masa menunggu ini.... seperti hari ini juga aku keluar, ke rumah Ibu beserta istri dan anak. Dalam perjalanan pulang ke rumah kehujanan deras sekali sehingga pakaian kita jadi basah. Selain itu juga mampir ke Resto untuk makan siang, juga masih kehujanan sehingga belum bisa pulang sampai satu jam. Kemudian pulang pun juga masih kehujanan. Yang lucu memang waktu udah punya mobil ini, begitu punya mobil hujan langsung turun besoknya :D ... Jadi Lumayan deh mobilnya kehujanan. Tapi untungnya udah pakai tutup jadi nggak terlalu basah basah, aman dari debu-debu,.

Ya Moga moga lancar semuanya aku masih harus cari tahu banyak soal perawatan mobil, dan bagaimana kalau misalnya ada sesuatu yang terjadi di jalan. Moga-moga selamat semua ... mobil bisa jadi sarana yang berkah bagi kami sekeluarga, bisa membantu dalam hal bisnis dan juga pengangkutan. Bisa menjadi sarana yang baik bagi kami sekeluarga... selamat terus sampai dimana pun kami berada....

Allahumma Amin

0 件のコメント:

コメントを投稿

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...